Minggu, 02 Oktober 2011

REFLEKSI 13 TAHUN BMT TUMANG

Tanggal 1 Oktober merupaka tanggal yang bersejarah bagi BMT TUMANG, pada tanggal tersebut 13 tahun yang lalu BMT TUMANG mengawali aktifitas. Dengan segala keterbatasan dan hanya bermodalkan semangat, teryata semua bisa berjalan.

Operasional kantor waktu itu dipinjami Pemerintah Desa Cepogo yang bertempat di dusun Tumang, dengan fasilitas meja sederhana, kursi dari kayu,dan almari pinjam dari pengelola termasuk seperangkat komputer jadul yang juga pinjaman. Dimulai hanya dengan lima pengelola dan modal kas Rp. 7.050.000,- tidak mengurangi kesungguhannya untuk tetap mencoba. Ini adalah sebuah aktifitas yang berangkali tidak banyak yang meyakini (percaya) bahwa rintisan usaha tersebut akan berjalan dengan baik. Bahkan banyak dari masyarakat yang pesimis, serta ada yang memprediksi kalau BMT TUMANG tidak bisa bertahan lama, maksimal setelah satu tahun sudah tutup.

Memang tidak mudah membangun sebuah kepercayaan, karena memang kita belum teruji. Namun karena niat yang dibangun tidak sekedar memulai sebuah usaha/bisnis/profit, namun yang paling dominan adalah kehadiran BMT TUMANG sebagai wujud kepedulian untuk mengurangi peran rentenir khususnya masyarakat Tumang. Dengan semangat ibadah dan dakwah, menjadi kekuatan atau motivasi yang secara tidakk langsung dapat mempertahankan rasa optimisme untuk tetap berupaya keras mencari solusi dari problema yang muncul.

Kesungguhan dan kesabaran ternyata menjadi kata kunci, tentunya berkat kemudahan dan ridho Allah SWT alhamdulillah BMT TUMANG bisa bertahan sampai usia ke-13 dan tetap tumbuh dan berkembang. Kalau di awal pendirian hanya bisa memberikan pelayanan simpanan atau pembiayaan kepada masyarakat di dukuh Tumang, desa Cepogo dan sekitarnya, kini lebih dari 7000 anggota sudah dapat dilayani di lima Kantor Cabang dan di empat wilayah Kecamatan di Boyolali. Hal ini menunjukkan bahwa keberadaan BMT TUMANG diterima oleh masyarakat dan insyaAllah memberi manfaat bagi anggotanya.

Tantangan Baru

Pada awal pendirian tantangan kita adalah bagaimana BMT TUMANG bisa tetap berjalan dan syukur dapat menghasilkan keuntungan, namun seiring dengan perjalanan waktu tentunya selalu muncul tantangan baru. Tidak saja dalam pengelolaan lembaga, koordinasi internal, bangunan manajemen yang harus lebih profesional, namun perlu disadari saat ini tumbuh lembaga-lembaga sejenis, yaitu lembaga keuangan yang mempunyai modal besar, system manajemen yang lebih baik, SDM yang lebih profesional yang juga masuk di sektor mikro kecil.

Dengan kondisi seperti ini, tentunya kita tidak boleh berkecil hati. selalu berpikir positif dan tetap optimis adalah salah satu kunci sukses dalam menghadapi tantangan baru. Kehidupan tidak bisa lepas dari tantangan atau permasalahan. Namun kita harus menyadari bahwa tantangan tersebut merupakan ujian yang harus dilewati bagi setiap orang atau lembaga yang ingin naik kelas atau berpindah pada level yang lebih tinggi. Maka yang penting bagaimana kita tetap berusaha menata diri ke arah lebih baik, dan selalu diupayakan dengan kesungguhan, keikhlasan, dan tentunya selalu memohon petunjuk-Nya.

BMT TUMANG sudah ditakdirkan ada. Meskipun baru berskala kecil, namun keberadaannya sudah dirasakan manfaatnya oleh anggota. Maka BMT TUMANG tidak boleh berhenti ataupun mati, kalau mengharapkan nilai-nilai baik yang dibangun tetap tumbuh berkembang, mekar dan semerbak di masyarakat, tentunya semangat untuk sesalu menjadi yang terbaik harus selalu ditanamkan kepada semua jajaran inti BMT TUMANG, baik Pengelola, Pengurus maupun Pengawas.

Selama semua diniati karena Allah SWT, dijalani dengan kesungguhan dan sesuai dengan aturan yang digariskan dalam pondasi agama (Al-Qur’an & Hadits), maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Tanaman yang setiap hari dirawat, di pupuk, dicermati dan selalu mengantisipasi munculnya hama-hama yang menyerang tanaman, sunatullahnya...tanaman tersebut pasti akan subur, menjadi tanaman yang besar, kuat, berbuah dan tentunya memberi manfaat bagi makhluk disekitarnya.

Usia 13 tahun masih sangat muda, masih banyak peluang dan kesempatan yang harus di raih..maka tetaplah optimis, dengan kekuatan niat yang benar, diikuti kesungguhan & kerja keras...insyaAllah mimpi besar dan semua keinginan akan dapat diraih...Allahumma amiiin....

Cepogo, 1 Oktober 2011

Adib Zuhairi

Manajer Utama

0 komentar:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by KJKS BMT TUMANG Productions